Tupoksi Sekretariat

SEKRETARIS

Kedudukan :

Sekretaris adalah unsur penunjang, pelaksana tugas dinas dibidang perencanaan, penatausahaan keuangan/aset, pembinaan kepegawaian, umum dan perlengkapan SKPD. Dipimpin oleh seorang Sekretaris yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas.

Tugas Pokok :

Sekretaris mempunyai tugas mengumpulkan dan menganalisa data, penyusunan rencana program dan kegiatan dinas, melakukan pembinaan penatausahaan keuangan/aset, kepegawaian, umum dan perlengkapan SKPD.

Fungsi :

Untuk melaksanakan tugas pokok, sekretaris mempunyai fungsi :

    • Perumusan, pengumpulan, penganalisaan dan penyiapan data kebutuhan perencanaan program dan kegiatan dinas.
    • Melaksanakan penatausahaan keuangan dan aset SKPD.
    • Menganalisa dan menyusun Rencana Kebutuhan Barang Tahunan(RKBT). dan Rencana Kebutuhan Pemeliharaan Barang Tahunan(RKPBT).
    • Melaksanakan inventarisasi dan pengelolaan barang milik daerah pada SKPD.
    • Melakukan pembinaan, pengendalian kepegawaian, umum dan perlengkapan.
    • Menyusun laporan keuangan dan kinerja dinas.
    • Menyusun program dan kegiatan dinas.
    • Pengendalian dan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan dinas.
    • Membantu Kepala Dinas dalam penyusunan kebijakan pengelolaan keuangan daerah.
    • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai tugas dan fungsinya.

Susunan organisasi Sekretaris Dinas terdiri atas :

    • Sub Bagian Perencanaan dan Program.
    • Sub Bagian Kepegawaian dan Umum.
    • Sub Bagian Keuangan dan Aset.

SUB BAGIAN PERENCANAAN DAN PROGRAM

Kedudukan :

Sub Bagian Perencanaan dan Program adalah unsur penunjang pelaksanaan tugas Sekretaris dibidang Perencanaan dan Program Dinas, dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Sekretaris Dinas.

Tugas Pokok :

Sub Bagian Perencanaan dan Program mempunyai tugas mengumpulkan, merumuskan dan menganalisa data penyusunan kebijakan teknis Perencanaan dan Program Dinas.

Fungsi :

Untuk melaksanakan tugas pokok, Sub Bagian Perencanaan dan Program mempunyai Fungsi:

    • Mengkoordinasikan dan menyiapkan data kebutuhan penyusunan kebijakan Perencanaan dan Program Dinas.
    • Menyusun Rencana Strategis (Renstra) Dinas.
    • Menyusun Rencana Kerja Tahunan (Renja) Dinas.
    • Menyusun dan melaksanakan perencanaan, pengendalian dan evaluasi Program dan Kegiatan Dinas.
    • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

SUB BAGIAN KEPEGAWAIAN DAN UMUM

Kedudukan :

Sub Bagian Kepegawaian dan Umum adalah unsur penunjang pelaksanaan tugas Sekretaris dalam bidang Kepegawaian dan Umum, dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Sekretaris Dinas.

Tugas Pokok :

Sub Bagian Kepegawaian dan Umum mempunyai tugas mengumpulkan dan menganalisa data penyusunan kebijakan teknis Kepegawaian dan Umum Dinas.

Fungsi :

Untuk melaksanakan tugas pokok, Sub Bagian Perencanaan dan Program mempunyai Fungsi:

    • Merumuskan, mengumpulkan, menganalisa dan menyiapkan data Kepegawaian, Umum dan Perlengkapan.
    • Melaksanakan pembinaan dan pengendalian kepegawaian.
    • Menyusun Daftar Urut Kepangkatan.
    • Melaksanakan pengelolaan dan inventarisasi aset/barang unit.
    • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

SUB BAGIAN KEUANGAN DAN ASET

Kedudukan :

Sub Bagian Keuangan dan Aset adalah unsur penunjang pelaksanaan tugas Sekretaris dalam bidang Keuangan dan Aset, dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Sekretaris Dinas.

Tugas Pokok :

Sub Bagian Keuangan dan Aset mempunyai tugas mengumpulkan dan menganalisa data penyusunan kebijakan teknis Keuangan dan Aset Dinas.

Fungsi :

Untuk melaksanakan tugas pokok, Sub Bagian Keuangan dan Aset mempunyai Fungsi:

    • Merumuskan, mengumpulkan, menganalisa dan menyiapkan data Keuangan dan Aset Dinas.
    • Melaksanakan penatausahaan penerimaan SKPD.
    • Melaksanakan penatausahaan pengeluaran SKPD.
    • Melaksanakan penatausahaan aset SKPD.
    • Melaksanakan dan menyusun Rencana Kebutuhan Barang Tahunan(RKBT). dan Rencana Kebutuhan Pemeliharaan Barang Tahunan (RKPBT).
    • Menyusun laporan capaian kinerja dan ikhtisar realisasi kinerja.
    • Menyusun laporan prognosis realisasi anggaran.
    • Menyusun laporan keuangan akhir tahun.
    • Membantu Sekretaris dalam penyusunan kebijakan pengelolaan keuangan dan aset daerah.
    • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.